Dukungan Penguatan Kelembagaan Petani Lumbung Mataraman

iwan_alim 18 Maret 2021 13:59:37 WIB

infoPleret- Kelompok Wanita Tani Srikandi, Kanggotan mendapat kesempatan peningkatan dan pemberdayaan dibidang ketahanan pangan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pabgan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Padukuhan Kanggotan, Kamis (18/03). Kegiatan ini diikuti oleh anggota KWT Srikandi Kanggotan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, BPP Pleret. Turut hadir pada kesempatan ini, Lurah Pleret Taufik Kamal, S.Kom, M.Cs didampingi Ulu-ulu Irvani Andi H, Dukuh Kanggotan Wazirnuri dan Bhabinkamtibmas Pleret Bripka Rofiq Dwi H.

Ketahanan pangan merupakan suatu sistem yang terdiri dari subsistem ketersediaan, distribusi, dan konsumsi. Subsistem ketersediaan pangan berfungsi menjamin pasokan pangan untuk memenuhi kebutuhan seluruh penduduk, baik dari segi kuantitas, kualitas, keragaman dan keamanannya. Subsistem distribusi berfungsi mewujudkan sistem distribusi yang efektif dan efisien untuk menjamin agar seluruh rumah tangga dapat memperoleh pangan dalam jumlah dan kualitas yang cukup sepanjang waktu dengan harga yang terjangkau. Sedangkan subsistem konsumsi berfungsi mengarahkan agar pola pemanfaatan pangan secara nasional memenuhi kaidah mutu, keragaman, kandungan gizi, kemananan dan kehalalannya.

Kegiatan prioritas dalam pembangunan ketahanan pangan adalah pemberdayaan masyarakat agar mereka mampu menolong dirinya sendiri dalam mewujudkan ketahanan pangan. Pemberdayaan masyarakat tersebut diupayakan melalui peningkatan kapasitas SDM, membangun kelembagaan masyarakat, dan menyediakan fasilitas produksi (teknologi dan modal usaha) agar dapat secara bersaing memasuki pasar tenaga kerja dan kesempatan berusaha yang dapat menciptakan dan meningkatkan pendapatan rumah tangga.(orisya)

Komentar atas Dukungan Penguatan Kelembagaan Petani Lumbung Mataraman

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalender

Info Disdukcapil

Info Dikdukcapil

Silahkan kunjungi Facebook Dikdukcapil

Komentar Terkini

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License