R Gatutkoco, Dimakamkan di Komplek Masjid Demak

Admin 29 Januari 2018 07:24:36 WIB

infoPleret- Jika masuk ke serambi Masjid Demak dan berjalan ke arah kanan maka pengunjung akan masuk ke dalam gedung Museum Masjid Agung Demak. Pemandangan pada lorong yang menghubungkan Museum Masjid Agung Demak dengan kuncup makam di ujung kiri kompleks Makam Raja-Raja Demak, yang terlihat di latar belakang. Di sebelah kiri depan adalah Kubur Pangeran Benawa, dan di sebelah kanan ada pendopo yang disebut Paseban, tempat peziarah duduk bersila menghadap makam untuk membaca ayat suci dan mengheningkan cipta memanjat doa.

Ada hal yang menarik terlihat di dalam komplek Makam Raja-raja Demak ini, yaitu ditemukannya batu nisan bertuliskan R. Gatutkaca, disamping batu nisan bertuliskan "Nyi Ageng Serang, Dewi Moersiyah". Namun demikian, hingga berita ini diterbitkan, penulis belum menemukan sumber sejarah terkait keberadaan makam yang emngingatkan kita pada tokoh pewayangan.

 

(iw)

Komentar atas R Gatutkoco, Dimakamkan di Komplek Masjid Demak

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalender

Info Disdukcapil

Info Dikdukcapil

Silahkan kunjungi Facebook Dikdukcapil

Komentar Terkini

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License