Karawitan Margo Laras; Sambut Tamu Tahlilan Merti Dusun Gunungan

13 Oktober 2019 09:55:49 WIB

infoPleret- Merti dusun Padukuhan Gunungan, Kalurahan Pleret, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul berlangsung selama 2 hari, mulai hari Sabtu, 12 Oktober 2019 malam sampai Minggu, 13 Oktober 2019 malam. Tahlilan yang merupakan salah satu rangkaian acara merti dusun dilaksanakan pada hari Minggu, 13 Oktober 2019 dan dimulai pukul 10.00 WIB di Pendopo RT 002 Padukuhan Gunungan.

Sebelum tahlilan dimulai, para tamu undangan ataupun warga disambut dengan karawitan. Para niyogo dan sinden merupakan warga masyarakat Kalurahan Pleret yang sudah mahir dalam dunia karawitan. Mereka merupakan satu kelompok yang sudah sering tampil di event-event tertentu. 

Dalam masyarakat Jawa, karawitan merupakan orkestra musik gamelan. Tidak sembarang orang bisa dan mampu dalam memainkan alat musik tersebut. Memainkan karawitan tidak hanya fokus pada bunyi yang dihasilkan dari gamelan, tetapi juga harus bisa memahami makna dari lagu yang sedang dimainkan. Semua gendhing(lagu) biasanya berkolerasi dengan kehidupan manusia sehari-hari. Misalnya untuk keselamatan, ucapan syukur, permohonan, dan lain-lain.

Dengan adanya kegiatan merti dusun ini, diharapkan seluruh masyarakat Gunungan dapat nguri-uri kebudayaan Jawa, dan jangan sampai generasi penerus terutama pemuda-pemudinya kehilangan "jawa"nya. (wening)

Komentar atas Karawitan Margo Laras; Sambut Tamu Tahlilan Merti Dusun Gunungan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalender

Info Disdukcapil

Info Dikdukcapil

Silahkan kunjungi Facebook Dikdukcapil

Komentar Terkini

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License