Posyandu Lansia; Pelayanan Peningkatan Angka Harapan Hidup

19 Oktober 2019 11:27:48 WIB

infoPleret- Posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu, yang sudah disepakati dan digerakkan oleh masyarakat di mana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Posyandu lansia juga merupakan kebijakan pemerintah untuk pengembangan pelayanan kesehatan bagi lanjut usia yang penyelenggaraannya melalui program puskesmas dengan melibatkan peran serta lanjut usia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial (Kementerian Kesehatan, 2010).

Kegiatan posyandu lansia merupakan kegiatan rutin setiap bulan yang dilakukan oleh kader lansia wilayah Kedaton Wetan dan Lor. Untuk bulan Oktober, posyandu dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 Oktober 2019 di rumah Dukuh Kedaton, Suwardi. Kegiatan tersebut dimulai pukul 10.00 - 11.30 WIB dengan rangkaian kegiatan berupa penimbangan berat badan, pengecekan tensi darah, dan konsultasi kesehatan dengan bidan dari puskesmas atau rumah sakit. 

Pada kesempatan tersebut, bidan desa yang kebetulan juga warga Kedaton, Endang Purwaningsih, A. Md. Keb memberikan pelayanan kepada lansia yang ingin konsultasi terkait dengan kesehatan. Antusias warga dalam pelaksanaan lansia sangat terlihat, terbukti 40 lansia ikut serta dalam posyandu setiap bulannya. Secara tidak langsung, kegiatan posyandu lansia tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan baik secara fisik maupun psikologis, selain itu kegiatan tersebut juga merupakan salah satu pelayanan untuk meningkatkan angka harapan hidup bagi lansia. 

Kegiatan posyandu lansia ditutup dengan pemberian makanan tambahan berupa nasi, sayur bobor kelor, tahu bacem, sambal, pisang, dan wedhang secang. (wening)

Komentar atas Posyandu Lansia; Pelayanan Peningkatan Angka Harapan Hidup

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalender

Info Disdukcapil

Info Dikdukcapil

Silahkan kunjungi Facebook Dikdukcapil

Komentar Terkini

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License