Ice Breaking; Alternatif bagi para Narasumber Ciptakan Suasana Hidup di Ruangan

31 Oktober 2019 11:27:03 WIB

infoPleret- Secara bahasa, ice breaking artinya "memecahkan es". Es identik dengan beku/kebekuan. Jadi, ice breaking artinya memecah kebekuan atau mencairkan suasana, agar lebih riang, gembira, tidak bikin ngantuk atau membosankan.

Ice Breaking adalah sebuah kegiatan berupa permainan, simulasi, untuk memecah kebekuan dan menciptakan suasana riang, gembira, dan meriah dalam sebuah pelatihan, seminar, atau acara sejenis yang melibatkan banyak peserta.

Secara umum, Ice Breaking dalam suatu acara bertujuan agar peserta acara mengenal peserta lain dan merasa nyaman dengan lingkungan barunya. Kegiatan ini biasanya berupa permainan (games) sederhana. Selain pemateri, MC juga bisa memimpin ice breaker.

Demikian juga yang dilakukan oleh Shopinhi, BA, SH, KN. Motivator yang dihadirkan Bagian Administrasi Pemdes Kabupaten Bantul dalam rangka Bimtek Petugas SIM Pamong Desa, Kamis 31 Oktober.

Di sela-sela mengisi materi tentang Motivasi, untuk mencairkan suasana ngantuk dan jenuh melakukan ice breaking yang diikuti oleh seluruh peserta. Pilihan ini sangat efektif untuk menjaga peserta seminar atau bimbingan teknis tetap terjaga semangatnya dan selalu dalam kondisi yang prima, sehingga diharapkan mampu menyerap materi sebanyak-banyaknyanya. (iw)

Komentar atas Ice Breaking; Alternatif bagi para Narasumber Ciptakan Suasana Hidup di Ruangan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalender

Info Disdukcapil

Info Dikdukcapil

Silahkan kunjungi Facebook Dikdukcapil

Komentar Terkini

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License