Dialog Budaya; Adat Istiadat sebagai Perekat Hubungan Masyarakat

21 November 2019 11:32:08 WIB

infoPleret- Rabu, 20/11 masih ditempat yang sama halaman kantor Museum Purbakala panitia gelar budaya WBTB menggelar dialog dengan Tema " Adat Istiadat Sebagai perekat Hubungan Masyarakat " .

Dipimpin oleh Moderator Anis Izdieha serta 2 orang Narasumber Wasiludin dan Musta'in keduanya saling bergantian memaparkan seputar adat tradisi " Rabu Pungkasan " .
Selanjutnya sesusai pemaparan seluruh pengunjung diberi kesempatan untuk berinteraksi seputar Rabu Pungksan Tim SID Kalurahan Pleret mengambil kesempatan dalam momen itu dan menyampaikan bahwa adat Rabu Pungkasan akhir-akhir ini banyak yang hilang karena terkikis dengan peradapan dan nilai-nilai sosial, untuk itu mohon efaluasi buat mengedukasi pada anak cucu. Selanjutnya 3 penanya yang lain juga ikut berkontribusi guna pemulihan acara adat di Wonokromo yang semakin jauh dengan gaungnya.

Narasumber menyampaikan bahwa berkurangnya rangkaian acara diakibatkan seleksi dikaitkan dengan kearifan lokal karena wilayah Wonokromo adalah identik dengan kota santri yang segala sesuatunya harus dimusyawarahkan dengan beberapa unsur terkait, disamping itu Pemerintah Desa juga harus memperhatikan masukan-masukan dari beberapa pemangku kebijakan dengan menghilangkan kegiatan yang kurang sesuai dengan kewilayahan. Sekalian menginformasikan bahwa tanggal 21 akan ada kajian tentang acara adat yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dengan harapan semoga dapat memenuhi tuntutan masyarakat tanpa harus menghilangkan nilai-nilai sosianya.

Seusai acara panitia membagikan bingkisan kepada seluruh penanya yang pertanyaannya dianggap memenuhi kriteria berupa buku dengan judul " Goresan Peradaban ". (jz12gws)

Komentar atas Dialog Budaya; Adat Istiadat sebagai Perekat Hubungan Masyarakat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalender

Info Disdukcapil

Info Dikdukcapil

Silahkan kunjungi Facebook Dikdukcapil

Komentar Terkini

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License