Validasi Data Penerima Manfaat Bansos, Dukuh lakukan Koordinasi ditingkat RT

iwan_alim 08 April 2021 09:01:57 WIB

infoPleret- Pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan perhatian yang besar kepada orang miskin. Melalui bantuan sosial yang disalurkan  Kementerian Sosial (Kemensos), pemerintah menginginkan adanya peningkatkan kesejahteraan bagi keluarga miskin maupun rentan miskin.

Sejauh ini, ada beberapa bansos yang disalurkan Kemensos, antara lain, Program Sembako yang dahulu bernama Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi yang terdampak penyebaran virus corona (Covid-19).

Namun, Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara menginginkan adanya pembaruan data penerima manfaat. Ia melihat banyak daerah kabupaten/kota tidak melakukan pembaruan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Sejauh ini, ada sekitar 400-an Kabupaten/Kota yang tidak memperbaharui data selama lima tahun.

Akibatnya, penerima bantuan sosial tidak mengalami perubahan dan hanya berkutat pada kelompok orang miskin "itu-itu saja".

Sebagai tindak lanjut pendataan dan validasi data Penerima Manfaat bantuan sosial PKH, BPNT maupun BST khususnya di wilayah kerja Pemerintah Kalurahan Pleret, Dukuh se kalurahan melakukan koordinasi dan evaluasi data penerima manfaat bansos di wilayahnya masing-masing.

Kegiatan ini melibatkan dukuh, pengurus RT dan tokoh masyarakat di tiap-tiap padukuhan. Penerima manfaat bantuan sosial program pemerintah harus memenuhi indikator yang sudah ditetapkan. (Orisya)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender

Info Disdukcapil

Info Dikdukcapil

Silahkan kunjungi Facebook Dikdukcapil